Menu Click to open Menus

Tips Sebelum Membangun Bisnis Sablon Kaos

(386 Views) Mei 19, 2016 5:33 pm

dibikin.com – Terbaru ini bisnis sablon kaos begitu banyak digemari oleh kalangan muda, sehingga banyak sekolah-sekolah khusus untuk belajar sablon kaos terutama di daerah kota Bandung. Karena kota tersebut terkenal dengan kota Fashion.

Kali ini saya berbagai tips sebelum memulai bisnis sablon kaos yang tentu saja bagi yang belum tahu akan sangat penting. Pada tulisan sebelumnya saya memberikan informasi tentang bisnis online gratis tanpa modal menjadi tulisan banyak dibaca.

  • Tentukan dulu sablon digital atau manual

Di tahun yang serba modern ini ada dua pilihan untuk bisa mencetak gambar, tulisan atau sablon diatas kaos. Pertama dengan cara manual dan kedua dengan cara digital.

Dengan cara manual tentu saja anda harus belajar dahulu dari mulai membuat desain sampai proses penyablonan.

Alat-alat sablon manual yang diperlukan seperti ; Screen Sablon, Obat Afruk, Film Sablon, Coater, Hair Dryer, Papan triplek, Busa Spon, Kain Hitam, Kaca 5mm, Tinta Sablon da peralatan lain yang dibutuhkan. Itu semua pasti untuk pemula belum kenal betul.

Jika dengan cara sablon digital, sangat gambang. Karena yang dibutuhkan hanya mesin printer sablon kaos namun tentu saja modal yang harus dikeluarkanpun akan sangat besar pula. mesin sablon digital yang rakitan atau modifikasi dari printer cetak kertas mulai dari harga 5 juta sampai 30 jutaan. Itu yang rakitan, sedang yang asli buatan pabrik seperti Epson harganya  dua ratus jutaan tapi dengan harga semahal itu anda kan mendapatkan kecepatan yang luar biasa dalam proses penyablonan, berbeda dengan dengan mesin cetak sablon digital rakitan proses sablon lumayan lama.

Jadi tinggal tentukan apa mau sablon manual atau digital ? dari kedua tehnik tersebut tentu ada kelebihan dan kekuarangan.

Kelebihan sablon manual akan lebih cepat kerjanya jika ada pesanan banyak, sedangkan untuk sablon digital dengan pritnter rakitan tentu akan lebih lamban.

Atau mungkin anda ingin keduanya ? itu juga sangat bagus, bisa digunakan juga jika sablon manual bagusnya untuk pesanan besar dan sablon digital hanya untuk jasa sablon biasa saja.

  • Tentukan Target Pasar

Untuk usaha pemula hal ini sangat penting, lihat disekitar bisnis yang akan anda bangun kira-kira cocoknya menyasar kalangan dewasa atau anak-anak ?

  • Tentukan Genre Desain Kaos Anda

Ini juga sangat penting, genre dalam desain kaos nantinya akan menjadi ciri khas produk kaos, apakah akan bergenre metal, punk, anak gaul, anak sopan atau genre bebas bisa dangdut, tarling atau apa saja yang penting desain kaos nantinya akan menjadi ciri khas produk anda.

Kenapa demikian ? karena agar lebih fokus pada satu tema sebuah desain kaos sablon nantinya.

  • Brand Unik

Harus semangat, walaupun anda pemula tentu membuat sebuah brand atau merek walaupun belum resmi ini sangat penting. Siapa tau kedepannya perusahaan anda kan menjadi perusahaan sablon terbesar di kota anda.

Jadi menentukan nama merek atau brand yang unik, singkat dan mudah di ingat sangatlah penting.

  • Tentukan Bahan Kaos Polos

Jika sekarang ini sudah terpikir bahwa tidak akan membuat kaos sendiri, tapi kaos polos dari pabrikan lain maka tentukan kualitasnya.

Kaos dari bahan 100% Cotton Combed jenis 20s, 24s, 30s atau 40s semakin tinggi angkasnya maka semakin halus dan tipis, sangatlah disarankan, karena ini memiliki kualitas terbaik terbaik. Harga satuanny antara 20 ribu sampai 40 ribu tergantung warna dan ukuran.

Nah itu adalah kaos polos yang bagus, dari sini anda pastinya sudah mengukur berapa harga jual dan berapa laba yang akan nanti dihasilkan setiap bulannya bukan ? ada koko bahan kain yang lebih murah tapi kualitas tidak sebagus 100% Cotton Combed.

Dan ada juga kaos polos yang lebih bagus dari yang diatas namanya kaos polos gildan harganya dari 40 ribu sampai 60 ribu satu kaos polosnya.

  • Memiliki Brosur Produk

Sebuah usaha tentu saja harus punya daftar menu seperti yang ada diruamahkan ataupun restoran, anda pun harus mempersiapkan hal ini. Jika, ada pesanan besar seperti dari perusahaan, sekolah atau instansi besar lainnya, Brosur harus lengkap dengan bahan, model kain dan tipe kain yang akan digunakan.

Dengan demikian akan ada 3 bisnis dalam bisnis sablon ini, yang pertama punya produk kaos dengan brand sendiri, kedua membuka jasa membuas kaos partai besar, ketiga jasa sablon baju satuan dengan desain pemesan. Demikian informasi tentang Tips Sebelum Membangun Bisnis Sablon Kaos semoga, bisnis anda lancar dan sukses.

Saran Pengunjung :

    tips sebelum penyablonan
Bisma Ramana This post was written by Bisma Ramana
About

Hanya informasi yang bisa saya sharing hari ini.

Tags:
Categorised in: